Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Komputer dalam Peningkatan Literasi Digital dan Peran Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 bagi Santri di Pondok Pesantren At Taubah Tirtamulya

IMG 20220930 151853 714

Karawang, 30 September 2022

Kemajuan teknologi informasi dan internet, mengakibatkan sumber daya informasi digital sangat melimpah. Kondisi siswa-siswi di Indonesia saat ini yang merupakan generasi digital native memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap pencarian informasi di internet. Masih rendahnya tingkat literasi informasi di kalangan peserta didik berdampak maraknya penjiplakan terhadap karya cipta.

Hal ini menjadi perhatian para Dosen dari Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, sehingga kemudian dijadikan salahsatu agenda Pengabdian Masyarakat sebagai salahsatu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi Para Santri di Pesantren At Taubah Tirtamulya Karawang yang diselenggarakan pada 30 September 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FIK, Koordinator Prodi Teknik Informatika, Koordinator Prodi Sistem Informasi, Dosen Teknik Informatika, Dosen Sistem Informasi, Pimpinan Pondok Pesantren, Guru serta 51 orang santri dari Pondok Pesantren At Taubah Tirtamulya.

IMG 20220930 150526 215

Dekan Fakultas Ilmu Komputer UBP Karawang Dr. Ahmad Fauzi, M.Kom menyampaikan “Bahwa karakteristik literasi digital tidak hanya mengacu pada keterampilan operasi dan menggunakan berbagai perangkat teknologi informasi dan komunikasi teknologi (perangkat keras dan platform perangkat lunak), tetapi juga untuk proses “membaca” dan “memahami” sajian isi perangkat teknologi serta proses “menciptakan” dan “menulis” menjadi sebuah pengetahuan baru.”

IMG 20220930 152047 053

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *