FIK UBP Karawang Gelar Seminar Literasi Digital Sekaligus Menjalin Kerja Sama dengan Kominfo, ICTWatch dan Relawan TIK (RTIK)

DSCF1319 2

Karawang, 18 November 2022

Fakultas Ilmu Komputer (FIK), Universitas Buana Perjuangan Karawang kembali mengadakan acara seminar dengan tema “Membangun Karakter Generasi Masa Depan Melalui Literasi Digital”. Seminar ini diselenggarakan atas kerja sama dengan Kominfo, ICTWatch dan Relawan TIK (RTIK).

DSCF1258 1

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. H. Dedi Mulyadi, SE., MM. sebagai Rektor UBP Karawang sekaligus sebagai pembuka acara. Adapun narasumber dalam seminar ini menghadirkan Bapak Bambang Tri Santoso (Koordinator Literasi DIgital Sektor Pendidikan – Kemkominfo), Bapak Indriyatno Banyumurti (Direktur Eksekutif ICT Watch), Bapak Dr. Ahmad Fauzi, M. Kom (Dekan FIK UBP Karawang) dan Ibu Betha Nurina Sari, M.Kom (Ketua Bidang Litbang SDM Relawan TIK Karawang) serta MC dan moderator Bapak Iwan Ridwan (JaWAra Internet Sehat 2022 Karawang).

Dalam acara seminar ini juga melibatkan mahasiswa program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi sebanyak 130 orang sebagai peserta.

DSCF1257

Adapun dalam pelaksanaan seminar ini dibagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama, dimulai oleh penandatanganan Kerjasama MoU antara UBP Karawang dengan Kemkominfo, ICT Watch dan Relawan TIK Karawang.

Adapun materi pertama yang disampaikan oleh Narasumber adalah mengenai keamanan pada aplikasi WhatsApp dengan autentikasi dua-faktor. Dilanjutkan oleh narasumber yang kedua yaitu oleh Bapak Dekan FIK Dr. Ahmad Fauzi, M.Kom yang menyampaikan materi mengenai pentingnya menjaga etika pada saat berkomunikasi di dunia digital beserta menyaring informasi agar terhindar dari berita HOAX.

Selanjutnya materi terakhir disampaikan oleh Ibu Betha Nurina Sari, M. Kom selaku tim dari Relawan TIK Karawang yang menjelaskan penggunaan data internet oleh masyarakat saat ini.

Pada sesi seminar kali ini juga menayangkan film yang berjudul “Bukan Galih dan Ratna” yang menceritakan tentang siswa SMA yang terjerat kasus penipuan dikarenakan berita HOAX.

DSCF1288

Semoga acara seminar kali ini dapat memberikan pelajaran yang berharga bagi peserta agar lebih bijak dalam bermain sosial media maupun berkomunikasi dengan orang lain. Serta tidak mudah percaya pada berita yang belum tentu valid kebenarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *